Welcome to MAGISTER AKUNTANSI - The Perfect Partner For Your Business
Contact : Phone 0821-2566-2195 Wa 0821-2566-2195 Statistik Parametrik dan Nonparametrik | Magister Akuntansi

Labels

Statistik Parametrik dan Nonparametrik

Statistik Parametrik dan Nonparametrik - Hallo sahabat Magister Akuntansi , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Statistik Parametrik dan Nonparametrik , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Statistik , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Statistik Parametrik dan Nonparametrik
link : Statistik Parametrik dan Nonparametrik

Baca juga


Statistik Parametrik dan Nonparametrik

Pengambilan kesimpulan mengenai keseluruhan populasi didasarkan data yang ada dari sampel membutuhkan persyaratan-persyaratan atau kondisi-kondisi tertentu.

Dalam statistik induktif/inferensial, kondisi atau persyaratan ini adalah bahwa parameter dari populasinya mengikuti suatu distribusi tertentu (misalnya distribusi normal) dan mempunyai variance  yang homogen. Statistik induktif/inferensial yang memenuhi persyaratan demikian termasuk dalam Statistik Parametrik. Apabila kondisi atau persyaratan itu tidak terpenuhi (biasanya karena jumlah observasinya sedikit atau tipe datanya nominal atau ordinal) dipakailah Statistik  Nonparametrik.

Jadi statistik nonparametrik adalah bagian dari ilmu statistik yang berusaha untuk mengambil suatu kesimpulan mengenai keseluruhan populasi apabila kondisi parameter populasinya tidak memenuhi syarat yakni tidak mengikuti suatu distribusi tertentu (disebut free distribution). Dengan perkataan lain uji statistik non-parametrik adalah uji yang modelnya tidak menetapkan syarat- syarat mengenai parameter-parameter populasi yang merupakan induk sampel penelitiannya.

Lebih jelasnya adalah  statistika parametrik adalah ilmu statistika yang mempertimbangkan jenis sebaran/distribusi data, yaitu apakah data menyebar normal atau tidak. Bila memungkinkan dilakukan transformasi agar data mengikuti sebaran normal terlebih dahulu, sehingga bisa dikerjakan dengan statistika parametrik. Contoh metode statistika parametrik: uji-z (1 atau 2 sampel), uji-t (1 atau 2 sampel), korelasi pearson, Perancangan Percobaan (1 or 2-way ANOVA parametrik), dll.

Sedangkan statistika nonparametrik adalah statistika bebas sebaran (tidak mensyaratkan bentuk sebaran parameter populasi, baik normal atau tidak). Statistika nonparametrik biasanya digunakan untuk melakukan analisis pada data berjenis Nominal atau Ordinal. Data berjenis Nominal dan Ordinal tidak menyebar normal. Contoh metode Statistika non-parametrik:Binomial test, Chi-square test, Median test, Friedman Test, dll.






Demikianlah Artikel Statistik Parametrik dan Nonparametrik

Sekianlah artikel Statistik Parametrik dan Nonparametrik kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Statistik Parametrik dan Nonparametrik dengan alamat link https://magisterakutansi.blogspot.com/2012/12/statistik-parametrik-dan-nonparametrik.html

0 Response to " Statistik Parametrik dan Nonparametrik "